Pages

Sabtu, 02 Februari 2013

LCTB 2012

Ini pengalamanku waktu LCTB (Lomba Cepat Tepat Biologi) tahun lalu. Jadi, LCTB itu dilaksanakan Tanggal 15 - 20 Oktober 2012 di Graha Pemuda KNPI.. Yang diutus itu ada 2 Tim yang masing2 terdiri dari 3 orang. Group A : Saya, Danang, dan Ariel. Saya sebagai Juru Bicara. Group B : Myra, Christine, Moudy. Kalau Group B ini saya tidak tau siapa Jubir tetapnya, selalu ganti-ganti..

                                                    Tim Olimpiade Biologi SMP 2 Palu


 

Waktu itu, beberapa minggu sebelum lomba, mem Lidya panggil semua anggota Tim Olimpiade Biologi. Anggota Tim itu sebenarnya hanya 6 Orang. Tapi ditambah 4 orang karena sesutu dan lain hal yang hanya saya, Mem Lidya, dan Moudy saja yang tau masalahnya. Jadi, waktu dibilang mau ada LCTB itu, kita setiap hari ikut bimbingan. Melakukan penelitian. Nah, Saya waktu itu malas sekali belajar. Saya itu belajar nanti sudah mau dekat-dekat lomba. Dan baru itu saya belajar serius sekali, sampe-sampe teman-teman kelasku bilang " Hu Sella, belajar terus. Jangan kau Gila nanti Sella, tidak ada tempat menyonteknya kita".. Pokoknya saya disitu belajar terus. Pas hari Senin kalau ndak salah, mau ikut pembukaan di KNPI. Disitu saya liat semua sudah muka-muka lawanku. Ada SMP 3, Al Azhar, Karunadipa, Madani dll. Sepulang dari Acara pembukaan itu, semua tim Biologi diajak sama Mem Lidya makan di Darisa. Nah di darisa itu baru kita bagi tugas. Untuk Groupku, Saya kuasai bagian Tumbuhan, Ariel tentang manusia dan Danang tentang hewan-hewan. Kalau Grup B saya te tau, bukan urusanku. Hahaha..

                                                              Ini kami waktu di Darisa

                                                       



Pertandingan diwali dengan babak penyisihan. SMP 2 dapat giliran hari rabu. Pertama pas saya tau lawanku dari Al Azhar dan itu adalah groupnya Kimo, disitu saya dan Danang so pasrah.. Masalahnya kan Kimo itu lalu yang ikut OSN jadi mau bagaimana lagi, so pasti kalah. Tapi disitu tetap kita belajar. Dan hari itu juga saya dapat dukungan dri Zia dan Umi. Maka yakinlah saya, bahwa pasti bisa. Nah, babak penyisihan di mulai. Pertandingan babak penyisihan Jam dua itu groupku lawan SMP Al Azhar dan ada itu 2 SMP te tau SMP apa. Hasilnya disitu saya te percaya, soalnya gampang sekali, dan skorku lebih 100 poin dari Al Azhar. Makanya SMP 2 dan Al Azhar masuk babak Semi Final. Jam 4 giliran group B. Dan mereka juga masuk Semi final.

Ini yang dari Al Azhar Palu

Hari kamis, jam 2 Group B SMP 2 tanding lawan Al Azhar dengan SMP apa stau lagi, lupa saya. Dari Al Azhar itu kalau te salah Groupnya Kimo atau Grounya Yoga, lupa lagi saya. Tapi pada intinya SMP 2 group B disitu KALAH TOTAL. Mulai darisitu, malamnya saya belajar bae2. Besoknya giliran grupku. Lawanku SMP 4, dan SMP 1. Disitu juga mulai lagi ada sikap pesimis. Pas di meja lomba, saya di regu B. Sebelah kana SMP 4, sebelah kiri SMP 1. Waktu itu untuk sementara skor SMP 2 unggul. Tapi pas babak rebuatn, Skor SMP 2 dan SMP 1 mulai baku kejar. SMP 4 dukung SMP 2, karena entah kenapa sebelum lomba kita macam so akrab sekali sama tim dari SMP 4 itu. Nah, pas pertanyaan terakhir, Skor sama. Dan disitu saya geregetan. Mengikuti usul dari mem Lidya, maka dikasi 3 soal cadangan. Dan Puji Tuhan, SMP 2 menang, masuk FINAL.

Sudah, pas malamnya.. Saya belajar lagi tentang tumbuhan, tapi yang sama sekali belum disinggung. Tentang Fotosintesis dan tengang Alga. Tiba-tiba ada sms dari si "Kotoran Semut". Dia tanya tentang lomba tadi, ohh saya bilang masuk FINAL. Besok lawan Al Azhar dan SMP Madani. Karena dapat dukungan dari dia, sudah semangat sudah saya. Mau menang, mau kalah yang penting MASUK FINAL !!

Besoknya, hari sabtu.. FINAL dimulai pukul 10.00 WITA. Di sekolah dari jam 7 saya dengan tim Olimpiade yang lain so komat kamit bahafal. Bahafal sambil makan. Ckckckck --' Mem Lidya sampe disekolah nanti so mau jam setengah sepuluh stau. Disitu juga saya sudah minta doa dari Mem Muliana, Mem Syamsiar, dan guru-guru lain. Sebelum berangkat kita beroda sama-sama. Dan itu memang yang selalu kita lakukan selama lomba. Habis berdoa, kita cuss berangkat !!



Sampai di KNPI.. " Astagaa.. Al Azhar buanyakk sekali, Madani juga.. Sedangkan SMP 2 kasian, pe sedikit sekali pendukungnya" kataku dalam hati. Tapi saya te pusing, pas sampe saya liat dulu itu piala yang pe tinggi, kong lanjut lagi belajar. Semua peserta sudah di panggil ke meja panas. Regu A dari SMP Al Azhar (groupnya Kimo) Regu B dari SMP Madani, Regu C dari SMP Al Azhar (grupnya Yoga) dan regu D dari SMP 2. Babak giliran, sy lupa siapa yang unggul sementara. Cuman pas babak rebutan, disitu saya so keringat dingin.. Tegang broo !!! Pas habis pertanyaan babak rebutan, regu yang skornya sama adalah Regu C dan Regu D.. Akhirnya tinggal SMP 2 VS SMP Al Azhar. Pendukungnya MADANI so jadi dukung SMP 2. Di kasi 3 pertanyaan cadangan. Tapi 2 pertanyaan hangus. Dan tersisa satu pertanyaan yang menentukan pemenang LCTB tahun itu. Pertanyaan terakhir itu tentang Fotosintesis. Dan itu yang saya pelajari tadi malam. Maka tanpa ragu2 saya pencet Bel "teettttttttt" jawabannya FOTOLISIS. Dan ternyata jawabannya Betul. Disitu saya langsung loncat sana sini., TOBio SMP 2 langsung meloncat semua. Mem Lidya langsung kasi selamat.. Dan saya langsung bersyukur dalam hati "Puji Tuhan, Trimakasih Tuhan ini jadi kemenangan pertamaku buat SMP 2".. Jauar 1 SMP 2, Juara 2 SMP Al Azhar (Groupnya Yoga) Juara 3 SMP Madani, Juara 4 SMP Al Azhar (grupnya Kimo). Dan kita pulang dengan bahagia sekali.. Bawa Piala yang tingginya hampir sama dengan saya..

                                                     Ini foto pendukung SMP 2 dan TOBio

                                                            Ini Juara 1, 2, 3, & 4 LCTB

                                                                                                      Group A TOBioSMPN 2 Palu






                                                                    






Pas sampe disekolah, dan memang momennya pas detik-detik mau pulang. Kita keluar dari mobil bawa piala itu. Semua teman-temanku satu kelas, keluar dari MTK kasi selamat sama saya. "Kotoran Semut" bilang "MANTAP. Sekarang Giliran kita lagi yang menang. Kalau dulu kata-kata itu bikin saya Fly, tapi sekarang so tidak. Hahahaha.. Kita langsung serbu ruang kepsek, kata Pak Tjipto "Kalian Hebat. Bapak Bangga sekali sama Kalian. Pertahankan prestasi itu nak." Habis itu kita berdoa sama-sama di ruang IPA 3, dan bersenang-senang pergi ke Pizza Hut.




Dari situ saya belajar, bahwa memang segala sesuatu itu MUNGKIN, asalkan kita mau berusaha dan pastinya berdoa. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar